rss_feed

Tiyuh Cahyou Randu

Jl. Simpang Randu RT 001 Suku 001
Kecamatan Pagar Dewa Kabupaten Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung , Kode Pos 34792

mail_outline tiyuh.cahyourandu9191@gmail.com

Perayaan
Hari Ayah
  • YANTONI

    Kepalo Tiyuh

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    16 Oktober 2024 13:35:34
  • MERIA SARI

    JURU TULIS

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    11 Oktober 2024 12:39:55
  • HENDRI

    Kaur Keuangan

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    11 Oktober 2024 13:35:14
  • CANDRA JEPRINANTO

    Kaur Perencanaan

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    25 September 2024 18:17:01
  • NURLIZA FITRIA IMANBA

    Kaur Umum dan Tata Usaha

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    09 Oktober 2024 12:30:43
  • MIRHANUDIN

    Kasi Pemerintahan

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    16 Oktober 2022 10:22:18
  • JHONI RIDHO YANSYAH

    Kasi Pelayanan

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    08 Oktober 2024 12:09:01
  • HIDAYAT MARGA

    Kasi Kesejahteraan

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    16 Oktober 2024 20:05:44
  • FELI WIJAYA

    Kepala Suku 001

    Tidak Ada di Kantor
  • SANDI APRIYANTO

    Kepala Suku 002

    Tidak Ada di Kantor
  • MUL HERIYANTO

    Kepala Suku 003

    Tidak Ada di Kantor
  • JUHELMANSYAH

    Kepala Suku 004

    Tidak Ada di Kantor
  • IMAM SUROSO

    Kepala Suku 005

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    03 Juli 2023 10:43:02
  • TRISNANTO

    Kepala Suku 006

    Tidak Ada di Kantor

settings Pengaturan Layar

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI TIYUH CAHYOU RANDU. DI WEBSITE RESMI INI SEGALA INFORMASI TIYUH CAHYOU RANDU TELAH TERSEDIA.
Bulan Ini
Kelahiran
0 Orang
Kematian
0 Orang
Masuk
0 Orang
Pindah
0 Orang
Bulan Lalu
Kelahiran
0 Orang
Kematian
0 Orang
Masuk
0 Orang
Pindah
0 Orang

0

Hari Ini

0

Kemarin

0

Minggu Ini

5

Bulan Ini

13

Bulan Lalu

199

Tahun Ini

280

Tahun Lalu

800

Total
fingerprint
Visi dan Misi

24 Agustus 2016 10:48:28 378 Kali

VISI DAN MISI TIYUH TAHUN 2021-2027

 

1. LANDASAN FILOSOFIS PEMBANGUNAN

Rencana  Undang-undang tentang desa akan semakin komprehensif dalam mengatur Desa serta diharapkan akan mampu memberikan harapan yang besarbagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dan pemerintah Desa. Rencana undang-undang tentang Desa yang saat ini dijalankan, diharapkan dapat menjawab berbagai permasalahan di Desa yang meliputi aspek sosial, budaya, ekonomi, serta memulihkan basis penghidupan masyarakat Desa dan memperkuat Desa sebagai entitas masyarakat yang kuat dan mandiri. Desa juga diharapkan dapat menjalankan mandat dan penugasan beberapa urusan yang diberikan oleh pemerintah provinsi dan terutama pemerintah kabupaten/kota yang berada diatasnya, serta menjadi ujung tombak dalam setiap pelaksanaan pembangunan dan kemasyarakatan. Sehingga, pengaturan Desa juga dimaksudkan untuk mempersiapkan Desa dalam merespon proses modernasi, globalisasi dan demoktratisasi yang harus berkembang tanpa kehilangan jati dirinya.

Dengan pengaturan seperti ini, diharapkan Desa akan layak sebagai tempat kehidupan dan penghidupan. Bahkan lebih dari itu, Desa diharapkan akan menjadi fondasi penting bagi kemajuan bangsa dan negara dimasa yang akan datang.

Disamping itu, Undang-undang tentang Desa ini diharapkan mengangkat desa pada posisi subyek yang terhormat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena akan menentukan format Desa yang tepat sesuai dengan konteks keragaman lokal, serta merupakan instrumen untuk membangun visi menuju kehidupan baru Desa yang mandiri, demokratis dan sejahtera.

 

2. VISI PEMBANGUNAN TIYUH

Visi pembangunan Tiyuh adalah suatu gambaran yang menerangkan tentang kondisi Tiyuh yang diinginkan pada akhir periode perencanaan pembangunan Tiyuh yang di Representasikan dalam sejumlah sasaran hasil pembangunan yang dicapai melalui berbagai strategi, kebijakan, program dan kegiatan pembangunan Tiyuh dengan melihat potensi dan kebutuhan Tiyuh. Penetapan visi pembangunan tiyuh, sebagai bagian dari perencanaan strategi pembangunan Tiyuh, merupakan suatu langkah penting dalam perjalanan pembangunan suatu Tiyuh mencapai kondisi yang diharapkan.

Visi pembangunan Tiyuh Tahun 2021-2027 ini disusun dengan memperhatikan/mengacu Visi pembangunan daerah yang termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tulang Bawang Barat 2017-2022 (Peraturan Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat Nomer 11 Tahun 2017), Yakni “Tulang Bawang Barat Maju, Sejahtera, dan Berdaya Saing”. Maka berdasarkan pertimbangan diatas Visi Tiyuh Cahyou Randu Tahun 2021-2027 adalah:

Mewujudkan Tiyuh Cahyou Randu yang Damai, Guyub Rukun, Maju Makmur Adil dan Bermartabat

 Damai adalah menciptakan suatu kondisi masyarakat yang senantiasa aman dan tenang dari segala aspek masalah dan saling peduli antar sesama masyarakat.

Guyub dan Rukun adalah menciptakan suatu kondisi masyarakat yang senantiasa selalu berpegang teguh pada prinsip-prinsip kebersamaan, saling menghormati, menghargai karna di Tiyuh Cahyou Randu terdiri dari tiga suku mayoritas yaitu suku Lampung, suku Jawa, dan Bali maka sangat diharapkan semua tindakan yang dilakukan selalu berpedoman pada sila ketiga dari pancasila “Persatuan Indonesia” serta menghilangkan perbedaan antara Pribumi dan pendatang.

Maju adalah Tiyuh harus semakin Maju tetapi tidak meninggalkan tradisi, dan tetap merawat tradisi tetapi tidak ketinggalan Zaman. Dengan semangat membangun bersama maka tiyuh akan menjadi salah satu contoh tiyuh yang berhasil maju dari era tiyuh berkembang.

Makmur adalah Tiyuh yang maju juga paralel dengan Tiyuh yang makmur yang mampu hidup mandiri cermat dan efesien dalam pengelolaan anggaran sehingga semua pembangunan dapat terasa manfaatnya oleh masyarakat.

Adil yaitu tidak pilih kasih dalam setiap menentukan kebijakan pembangunan harus berdasarkan skala prioritas sesuai kebutuhan dimasing-masing suku dan RT serta menjaga dan selalu membina Aparatur Tiyuh agar tidak terpengaruh dengan kepentingan siapapun selain kepentingan Tiyuh dan Masyarakat.

Bermartabat yaitu suatu kondisi Tiyuh yang selalu bisa menjaga harga diri mulai dari masyarakat maupun sampai dengan pengurus-pengurus lembaga dan pemerintahan tiyuh dari sogokan-sogokan yang di terima oleh pihak-pihak demi kelancaran pribadi sehingga Wibawa Tiyuh Cahyou Randu tetap menjadi kuat.

 

3. MISI PEMBANGUNAN TIYUH

Misi pembangunan Tiyuh adalah sesuatu yang diemban atau dilaksanakan oleh pemerintah Tiyuh, sesuai visi pembangunan Tiyuh yang telah ditetapkan, agar tujuan pembangunan Tiyuh dapat terlaksana dan berhasil dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Dalam rangka memberikan kemudahan bagi penyelenggaraan pembangunan dan pemerintahan, maka misi pembangunan Tiyuh Cahyou Randu Kecamatan Pagar Dewa Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun 2021-2027 dapat dirumuskan sebagai berikut:

1. Mewujudkan Tiyuh Cahyou Randu yang Damai, Meliputi :

Optimalisasi penyelenggaraan Pemerintahan Tiyuh Cahyou Randu yang seperti:

  1. Menciptakan Kondisi Tiyuh yang selalu bergerak bersama demi sebuah kedamaian dan kelancaran bersama.
  2. Melakukan musyawarah mufakat dalam setiap menentukan kebijakan.
  3. Penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan akunfabel.
  4. Pelayanan kepada masyarakat yang prima, cepat, tepat, dan benar.

 

2. Mewujudkan Tiyuh Cahyou Randu yang Guyup dan Rukun, Meliputi :

  1. Mengevaluasi seagala kebijakan-kebijakan yang sudah ada dan membuat kebijakan baru dengan prinsip bersama-sama atau kegotong-royongan sehingga terjadi sebuah prinsip kebersamaan.
  2. Dalam sebuah forum atau acara baik formal maupun non formal tidak ada satupun unsur masyarakat yang terlupakan untuk dapat diundang meskipun hanya satu perwakilan dari salah satu unsur masyarakat.
  3. Selalu bersama-sama dalam menghadapi suka ataupun duka di dalam lingkugan bermasyarakat tanpa mengecualikan satupun unsur.

3. Mewujudkan Tiyuh Cahyou Randu yang Maju, Meliputi :

Memperdayakan dan menguatkan semua lembaga dan kelompok sosial masyarakat yang ada untuk mempercept pembangunan dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan, seperti .

  1. Pemberdayaan Kelompok tani; mengupayakan dan meningkatkan hasil tani dengan cara mencari solusi pembiayaan produksi yang ringan tetapi dapat meningkatkan hasil tani yang optimal, atau mencari peluang komunitas tanaman yang lebih mudah dan menghasilkan serta bagaimana pengelolaan pasca panen.
  2. Kelompok usaha masyarakat; dalam rangka mendorong tumbuh kembangnya ekonomi masyarakat yaitu melalui pemberdayaan kelompok-kelompok usaha masyarakat agar lebih kreatif, semangat dan produktif, dengan memberikan akses permodalan dan akses pasar yang luas.
  3. Pemberdayaan kelompok perempuan; sesuai dengan potensi dan kecendrungan kelompok dalam mengembangkan usaha, sehingga dapat menjadi nilai tambah baik secara individu ataupun kelompok.
  4. Pemberdayaan kader posyandu; melalui kegiatan-kegiatan agar posyandu lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat umum khususnya bagi lansia, ibu hamil dan balita dengan mengalokasikan dana untuk kegiatan tersebut.
  5. Bidang pendidikan; secara umum pendidikan dan peningkatkan kapasitas pengetahuan masyarakat menjadi tanggung jawab bersama disemua lapisan dan tingkatan masyarakat, dapat dilakukan dengan bentuk pendampingan, pelatihan, pengkaderan serta bimbingan langsung maupun tidak langsung, namun yang menjadi kewenangan Tiyuh terutama Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
  6. Bidang keagamaan; mensinergikan atara pemerintahan Tiyuh, Ulama, Tokoh Agama/Rohaniwan agama masyarakat setempat merupakan hal terpenting dalam rangka mewujudkan kerukunan umat beragama, untuk membangun Tiyuh secara gotong royong, serentak dalam mewujudkan cita-cita bersama.
  7. Bidang kepemudaan dan olehraga; pemuda bagian yang sangat penting, karena selain fisik yang masih mendukung tetapi juga mempunyai daya fikir, cita-cita serta jangkauan pergaulan dan masa depan yang panjang bagaimana menggagas masa depan dirinya maupun Tiyuhnya, sebagai penerus estafet yang dapat diandalkan. Untuk itu pemberdayaan kepemudaan sangat penting baik melalui kelompok pemuda seperti karang taruna, kelompok olehraga, kelompok kesenian daerah, atau kelompok organisasi lainya yang tidak bertentangan dengan peraturan dan perundang undangan. Selain melalui pemberdayaan juga membukakan akses dengan pihak lain yang dapat memacu semangat kemajuan. Untuk melakukan kegiatan positif guna menekan angka kenakalan remaja sehingga menjadi pemuda yang mandiri dan sanggup.
  8. Bidang seni budaya; mengingat Tiyuh Cahyou Randu adalah salah satu Tiyuh adat yang termasuk dalam Marga Tegamo’an Kabupaten Tulang Bawang Barat maka perlu untuk melakukan pembinaan terhadap seni dan budaya sehingga jati diri Tiyuh Cahyou Randu bisa terjaga dengan baik.

4. Mewujudkan Tiyuh Cahyou Randu yang Makmur, Meliputi :

Membangun fasilitas penunjang Tiyuh, Seperti :

  • lapangan olahraga;
  • rumah ibadah;
  • sesat adat;dan
  • gedung serba guna (GSG).
  • Mengoptimalkan Badan Usaha Milik Tiyuh (BUMT) guna meningkatkan ekonomi masyarakat Tiyuh Cahyou Randu serta mempercepat capaian program Sustainable Development Goals (SDGs) untuk mengetaskan kemiskinan dan mengurangi kesenjangan sosial. Melalui Badan Usaha Milik Tiyuh (BUMT) merencanakan usaha yang tentunya sesuai dengan potensi dan sumber daya yang dapat dikembangkan dengan baik, serta dapat bekerjasama dengan pihak lain diantaranya;
  • Usaha bidang pariwisata kedepan akan menjadi salah satu pilihan Tiyuh Cahyou Randu, selain mempunyai potensi, pariwisata akan menjadi kecendrungan msyarakat, terlebih potensi alam dan letak geografis yang dimiliki Tiyuh Cahyou Randu yang diantaranya berada di pinggir jalan Raya Lintas Timur Sumatra dan akses jalan menuju gerbang Tol Lambu Kibang dan Aliran Sungai Tulung Randu melintas tepat di depan masjid Nurul Huda Cahyou Randu yang kelak kedepan dapat dikembangkan menjadi tempat wisata air dan wisata religi.
  • Usaha bidan perdagangan juga menjadi bidikan Tiyuh Cahyou Randu akan bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Tiyuh Cahyou Randu baik yang bergerak dibidang produksi tapioka, pengolahan karet, sawit dan lainya.

Menekan sebaran dan memutus mata rantai Covid-19 untuk mengembalikan Tiyuh Cahyou Randu ke zona Hijau. Selalu mengkampanyekan hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan dimulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga, dan disetiap suku dan RT. Serta memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tidak takut divaksin karna hanya dengan mematuhi protokol kesehatan dan vaksinasi kita bisa melawan virus Covid-19.

5. Mewujudkan Tiyuh Cahyou Randu yang Adil, Meliputi :

  1. Tidak membedakan pelayanan bagi siapapun yang meminta bantuan kepada pihak pemerintahan tiyuh.
  2. Selalu berpedoman tamu adalah kebangaan tiyuh.
  3. Tidak berpilih kasih dalam menyelesaikan sebuah masalah yang ada di desa.
  4. Selalu senantiasa menyebarkan informasi penting kepada seluruh lapiran masyarakat yang ada di Tiyuh Cahyou Randu.

6. Mewujudkan Tiyuh Cahyou Randu yang Bermartabat, Meliputi :

  1. Menjalin hubungan komunikasi dan kerjasama yang baik dengan kampung-kampung tetangga guna menopang roda perekonomian dan penyelesaian batas-batas wilayah. Mengingat Tiyuh Cahyou Randu adalah salah satu Tiyuh yang terluar dikabupaten Tulang Bawang Barat yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tulang Bawang dan di kelilingi oleh enam kampung dari tiga kecamatan kabupaten Tulang Bawang.
  2. Menegakan Hukum Pungli dan Sogokan yang menguntungkan pihak pribadi.

 

4. TUJUAN PEMBANGUNAN TIYUH

Tujuan pembangunan Tiyuh Cahyou Randu Tahun 2021-2027 adalah sebagai berikut:

  1. Terwujudnya Tiyuh tanpa kemiskinan dan kelaparan
  2. Terwujudnya Tiyuh ekonomi tumbuh merata
  3. Terwujudnya Tiyuh peduli kesehatan
  4. Terwujudnya Tiyuh peduli lingkungan
  5. Terwujudnya Tiyuh peduli pendidikan
  6. Terwujudnya Tiyuh ramah perempuan
  7. Terwujudnya Tiyuh ramah anak
  8. Terwujudnya Tiyuh berjejaring
  9. Terwujudnya Tiyuh tanggap budaya
  10. Membangun sumber daya manusia berkualitas, berbudaya, beriman dan bertaqwa
  11. Terciptanya sistem pemerintahan yang baik dan demokratis.
  12. Terciptanya sistem pemerintahan yang akuntable dan transparan
  13. Terciptanya sistem pelayanan masyarakat yang cepat dan tepat
  14. Terbangunnya perekonomian daerah berbasis potensi lokal yang berdaya saing.
  15. Termanfaatkannya dan terkelolanya sumber daya alam berbasis kelestarian lingkungan hidup.
  16. Meningkatnya pembangunan prasarana dan sarana Tiyuh.
  17. Terciptanya masyarakat yang aman dan tenteram.

 

5. SASARAN PEMBANGUNAN TIYUH

Sasaran pembangunan Tiyuh Cahyou Randu Tahun 2021-2027 adalah sebagai berikut:

  1. Misi Pertama : Terciptanya Lingkungan Masyarakat Tiyuh Cahyou Randu yang Damai, dilaksanakan untuk mencapai Kedamaian bagi seluruh lapisan masyarakat yang ada di Tiyuh Cahyou Randu. 
  1. Misi Kedua : Mewujudkan Masyarakat Tiyuh Cahyou Randu Yang Guyup dan Rukun dilaksanakan untuk mencapai sebuah kebersamaan dari seluruh komponen ataupun lapisan masyarakat dengan memegang teguh KEBERSAMAAN, seperti dalam hal untuk mencapai sebuah penyelesaian kegiatan dengan prinsip bersama atau kegotong-royongan.
  1. Misi ketiga: Mewujudkan Tiyuh Cahyou Randu yang Maju, , dilaksanakan untuk mencapai tingkatan level tiyuh dari berkembang menjadi Tiyuh yang Mandiri atau Tiyuh Maju, yaitu:
  • Maju dalam Hal Pelayanan kepada Masyarakat;
  • Maju dalam Hal Peningkatan Penghasilan Asli Tiyuh;
  • Maju dalam Hal Pembangunan Fisik ataupun Non Fisik;
  • Maju dalam Hal Pembangunan SDM Masyarakat Tiyuh Cahyou Randu;
  1. Misi keempat: Mewujudkan masyarakat Tiyuh Cahyou Randu yang Makmur dilaksanakan untuk mencapai beberapa sasaran, yaitu:
  • Terbangun dan mantapnya jaringan infrastruktur yang handal sehingga dapat meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas faktor-faktor yang mendukung berkembangnya aktivitas produksi dan mampu membuka isolasi Tiyuh serta membentuk kawasan-kawasan pertumbuhan baru,
  • Meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat yang berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat sehingga terwujud masyarakat yang sejahtera.
  • Membaiknya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif sektor basis ekonomi Tiyuh sehingga mampu menghasilkan komoditi berkualitas, berdaya saing, menjadi motor penggerak perekonomian.
  • Terpenuhi dan meratanya kebutuhan prasarana dan sarana pelayanan dasar di seluruh wilayah Tiyuh dalamrangka peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan
  • Makin optimalnya pemanfaatan sumber daya alam, aset dan produk Tiyuh yang berdaya saing tinggi sebagai sumber-sumber kekayaan Tiyuh.
  • Meningkatnya kualitas dan kuantitas pembangunan yang berorientasi tata ruang, serta mengurangi resiko bencana
  • Meningkatnya pengelolaan sumber daya alam yang berorientasi pada pelestarian lingkungan hidup.
  • Meningkatnya peran aktif BPT, LPMT, Suku/RT, Tokoh masyarakat, dan masyarakat pada umumnya dalam pembangunan Tiyuh.
  1. Misi ke Lima: Mewujudkan Tiyuh Cahyou Randu yang Adil, dilaksanakan untuk Pemerintahan Tiyuh yang tetap adil dalam hal :
  • Pelaksanaan Pelayanan Terhadap Masyarakat Tiyuh;
  • Pengambilan Keputusan Dalam Sebuah Forum atau Kasus;

 

  1. Misi ke Enam: Mewujudkan Tiyuh Cahyou Randu yang Bermartabat, dilaksanakan untuk Pemerintahan Tiyuh yang tetap Berpegang teguh demi kelancaran bersama, menjunjung tinggi prinsip tidak mau menerima demi keuntungan pribadi, menolak pungli dan tetap menjunjung tinggi Pancasila dan UUD 1945.
chat
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

reorder VIDEO PROFIL TIYUH

assessment Statistik

folder Arsip Artikel


insert_photo Galeri

account_circle Pemerintah Tiyuh

message Komentar Terkini

contacts Media Sosial

map Wilayah Tiyuh

Alamat : Jl. Simpang Randu RT 001 Suku 001
Tiyuh : Cahyou Randu
Kecamatan : Pagar Dewa
Kabupaten : Tulang Bawang Barat
Kodepos : 34792
Telepon :
No. HP :
Email : tiyuh.cahyourandu9191@gmail.com

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini : 75
Kemarin : 204
Total Pengunjung : 45.185
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 3.143.241.133
Browser : Mozilla 5.0